Translate

Sabtu, 01 Januari 2011

O...o.... kamu ketauan!!!

30 Desember 2010

Bismillah....

Kamis yang melelahkan, dibuka dengan meeting panjang bersama para tetua, dilanjutkan dengan mondar-mandir sibuk mencari tanda tangan (berasa lagi di-ospek) sambil sibuk nyiapin soal-soal UAS para ibu bidan. Ups, sudah jam 1, saya juga ada UAS, bahkan saya sendiri belum benar-benar belajar untuk ujian saya ..... Ah, sudah tak ada waktu, langsung berlari ke lantai 3... Aduh, soal apa ini??? ya ampuuuunnn, kan udah ada SPSS, ngapain sih masih ngitung-ngitung manual..., padahal kalo pake SPSS tinggal masukkin aja tuh data-data dan angka-angka yang bejibun, panjcet sana pencet sini keluar deh hasilnya, taraaaaaaaaaaa.... Tapi ini, yaelah, masa kudu ngitung manual sih? mana rumusnya ga anusiawi banget, paanjang kali lebar kali tinggi, muter-muter pula, capeee dewh  *keluhan-keluhan karena lalai belajar ini mah 

Efek kelelahan fisik yang amat sangat adalah males menguras otak, apalagi disuruh ngitung-ngitung, beuh... berasa dunia berputar-putar (lah emang dunia berputar, bung!)

Udah jam 14.50, time is OVER!!!
Sutralah yaaa... kumpulin aja dah, udah cape ni otak diperes-peres enakan juga makan otak-otak....

Keluar kelas tanpa banyak komen, langsung berlari dari gedung G lt.3 ke Gd.C lt.2, terus lari lagi balik ke Gd.G tapi ke lantai 4, makin lemes aja deh...

Owh, ibu-ibu bidan udah dibagikan soal UAS, mereka udah sibuk ngerjain ternyata.. baguslah... sepintas di awal tampak tenang..

Teman sesama pengawas mendekati saya dan sedikit bercerita,,

"Kak, tau ga? katanya yaa, kelas ibu-ibu bidan ini punya strategi khusus dalam ujian, mereka punya formasi sendiri... Yang pinter-pinter disebar, mereka megang beberapa temannya buat bantuin temen2nya ngerjain ujian. Parahnya lagi, kalau ada yang ga mau ngasih jawabannya, dia bakal dihukum, dikunciin dalam kamar mandi."

WHATTTTTSSSSSS???????

GILAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!

Ga nyangka banget ibu bidan bisa sesadis itu,, ku kira mereka wanita-wanita lembut, halus, keibuan, ga mengenal kekerasan... fyuhhh... serem ajeeee... Ama temen sendiri aja bisa sekejam itu yaks... Aye jadi takut ngelahirin di tempat ibu-ibu bidan itu, ntar kalo aye bandel-bandel langsung dikurung di kamar mandi lagi, qeqeqeqeqe....

Oke, mereka punya strategi, kita juga ga boleh kalah! Kudu berstrategi ria juga....

Sebelumnya, saya tipikal pengawas yang percaya bahwa mahasiswa paham tentang kejujuran dan nurani. Sehingga saya tidak terlalu ketat dalam mengawasi. Tapi setelah mengetahui cerita itu....... Sore itu, di sisa-sisa energi yang masih ada, saya benar-benar menjadi "pengawas".

Yups, ternyata benar, saya menemukan pola yang mereka buat, walaupun kelas itu diisi hampir 100 orang tapi tidak membuat saya membiarkan mereka bebas melakukan kecurangan.. O...o... kamu ketauan!!! Memang sangat banyak yang diam-diam melihat jawaban temannya, dan temannya sengaja memerlihatkan jawabannya... Saya langsung saja meluncur ke meja mereka dan berdiri tepat di antara mereka. hohoho...

Begitu seterusnya, sepertinya cukup berhasil meminamalisir kecurangan....

Yaa, saya memang tidak menegur, hanya diam dan menghampiri pelaku dan berdiri di hadapannya. Kurasa mereka menyadari bahwa saya sudah berhasil membaca strategi mereka.. Hhihihihi.....

Ibu bidan, berlaku jujurlah, nilai bukan segalanya bu... jangan membohongi nurani sendiri, apalagi sampai mendzolimi saudari sendiri.... bu bidan, saya yakin kalian mampu dengan kemampuan kalian sendiri, PeDe-lah... Yang saya tau kalian itu rajin-rajin, pasti sebenarnya kalian mampu bekerja sendiri hanya saja kalian terbiasa dengan pola yang sudah kalian bentuk dan sepakati bersama... Masa maksiat berjama'ah sih bu, mending perbanyak amal kebaikan berjama'ah daripada berbohong berjama'ah,... Buka hati buka nurani... Kalian udah ibu-ibu loh, punya anak, jgn didik anak dengan kobohongan... jgn biarkan bibit2 kebohongan itu tumbuh subur dalam diri dan membentuk karakter...

Ah, sebagai bocah, saya memang tidak pantas menegur kalian para ibu bidan... Tapi besar harapan saya kepada para ibu, para orang tua, agar mampu memberi keteladanan kepada anak-anaknya, agar mampu menanamkan kejujuran dalam setiap sendi kehidupan....

-bunga karang-

10 komentar:

  1. iya, ga nyangka bangeeettt... itu jg taunya karena ada salah satu ibu bidan yang curhat, kykna dia korban yg pernah dikunciin di kamar mandi kali yaaa... ckckck

    BalasHapus
  2. bangeeett... menakutkan, di balik wajah-wajah cantiknya, ternyata mereka bisa sangat kejam, wew....

    ga nyangka nilai bisa begitu membutakan nurani -_-"

    BalasHapus
  3. bukan hanya bidan lho teh.
    yang lain jg banyak.
    guru juga kayak gitu, pokoknya udah merambah ke berbagai bidang teh.
    duh ke pendidikan deh jadinya.

    BalasHapus
  4. wew, kalo pendidik aja mentalnya udah rusak, gimana nasib generasi muda yg dididiknya? haduuuhhh... serem bangeeettt... mau dibawa kemana bangsa ini????

    BalasHapus
  5. Kak bunga kaifahaluki? Wah udah jadi dosen ya,..

    BalasHapus
  6. alhamdulillah ana bi khoir, ukhti... kaifahaluki?

    aamiin... sekarang masih dosen-dosenan, hehe.. alias masih bantuin dosen aja kok ;-)

    BalasHapus