Translate

Selasa, 15 April 2008

benarkah fLu burung kental dengan isu poLitis?

Aneh, kenapa tiba2 mau nulis tentang ini....
Yah begitulah, setelah kandas harapanku mengangkat flu burung (avian influenza) ke dalam skripsi...., jadi ku angkat ajah di blog ini, mungkin bermanfaat....
Penyakit yang beberapa tahun terakhir kerap mewarnai media-media tanah air dan luar negeri. Dengan agent virus H5N1 dan host awalnya adalah unggas, tiba2 saja menularkan kepada manusia. Dampaknya pun sangat fatal dan mematikan...mengerikan...ini bukan penyakit flu biasa....!!!
Tapi masalahnya, semua negara di dunia mulai ketakutan, penyakit ini akan menjadi PANDEMIK, semua khawatir dan berlomba-lomba mengadakan riset, apalagi setelah adanya isu kalo penyakit ini bisa ditularkan dari manusia ke manusia, gawat banget kan, bisa2 penularannya semudah penyakit flu biasa tapi amat sangat mematikan ....jangan2 ini merupakan senjata biologis (ups, kalo ini hanya dugaan dan perlu pembuktian, jgn lgsg dipercaya)....
Itulah, isu nya berkembang kemana-mana, negara2 maju mati2an ingin memiliki sampel virus ini, what for? katanya sih mau bikin vaksinnya...., untuk kemaslahatan umat manusia. Tapi, sebenernya, bangsa indonesia sendiri mampu membuatnya kan? mampukah???
Siapa saja yg berperan dalam riset flu burung? pilot project, jelas Departemen Kesehatan, yg dikomandani ibu Menkes, tapi penyandang dana terbesar adalah Amerika dan Singapure diikuti 13 LSM lainya yg jg didanai oleh negara2 asing. FYI, data2 dari riset2 ini amat sangat dirahasiakan, very2 secret, ga boleh dipublikasikan!!!! Khawatir terjadi perkembangan isu2 yg ga bener dan meresahkan di masyarakat. Belum lagi pergulatan antara menkes dan amerika terkait pertukaran virus, ckckck....kompleks ya. Saya memang terlibat dalam salah satu riset flu burung, tapi dengan berat hati saya tak bisa mengangkatnya dalam skripsi karena data2 nya itu emang bener2 ga boleh dipublikasikan, disimpan baik2, jadi buat apa dong????? Kalopun ngotot, saya harus mengurus perijinan ke bu Menkes (yg luar biasa keras untuk masalah ini), Singapure dan Amerika, serta kedutaan Jepang (selaku penyandang dana), panjang banget kan? Ya su lah, untuk sementara, biarlah data2 itu menjadi rahasia bersama, suatu hari juga pasti kan dibuka ke masyarakat, ketika saatnya sudah tepat dan semuanya sudah jelas....bukan lagi sekedar praduga... Sekarang, yang penting, kita sama2 tau cara mencegah penyakit mematikan ini (toh iklannya udah banyak). Yang pasti JAGA KEBERSIHAN DIRI DAN LINGKUNGAN!!!!
itulah ketika idealisme dibenturkan dengan realitas.....

1 komentar: