Translate

Selasa, 28 September 2010

Psycosociosomatic Syndrome

Tadi pagi ada kuliah mengenai health promotion, tapi yang sangat panjang dibahas justru mengenai DERAJAT SEHAT,, pertanyaannya apakah saya, anda, kita, mereka masuk dalam kategori SEHAT???

Ada 3 komponen sehat yang harus terpenuhi, yakni sehat secara fisik (somatik), sehat secara psikis, dan sehat secara sosial; sebagian teori sehat menambahkan 1 komponen lagi yaitu sehat secara ekonomi. Untuk menyederhanakan pembahasan, variabel ekonomi dimasukkan dalam komponen sosial. Mari kita kupas satu per satu ya.

Pertama, sehat fisik, ini adalah istilah sehat yang dipahami sebagian besar masyarakat. Yakni kondisi tubuh yang bebas dari gangguan penyakit, bebas dari berbagai keluhan sakit dan dibuktikan dengan anamnesis oleh dokter, dan diagnosis telah ditegakkan.

Yang kedua adalah sehat psikis. Yakni kondisi dimana seseorang mampu memenuhi kepuasan internal dan eksternalnya. Apa saja? Kebutuhan akan kasih sayang, penghargaan, aktualisasi diri, kedamaian, ketenangan, rasa aman, pengakuan, prestasi, dan lain sebagainya. Ada juga yang menyebutkan dengan kondisi bebas dari stress. Tentu saja sudah menjadi sunatullah bahwa setiap jiwa akan diuji dengan kesenangan dan kesusahan. Setiap orang pasti punya masalah. Jadi kondisi sehat psikis tak kan pernah dicapai sempurna selama kita masih hidup.

Yang ketiga adalah sehat secara sosial. Yaitu apabila seseorang mampu memenuhi perannya dalam masyarakat sesuai dengan statusnya dan sesuai dengan standard sosial yang ada. Ironisnya, setiap orang pasti punya banyak peran dalam dirinya dimana ia takkan mampu menjalankan semua perannya dalam satu waktu. Saat seorang IBU menjadi MAHASISWA, maka peran IBU tak terpenuhi saat ada di kampus. Seorang DOKTER yang menjadi MAHASISWA, maka peran DOKTER nya tak terpenuhi saat ia sedang belajar di kelas. Sakit secara sosial?

JADI, derajat SEHAT yang benar-benar IDEAL dan SEMPURNA itu tak akan pernah dicapai, kecuali di SURGA. Upaya-upaya yang mampu dilakukan hanya untuk mencapai DERAJAT SEHAT yang mendekati ideal. Menjaga kesehatan dengan pola hidup yang bersih, sehat, makan makanan dg gizi seimbang, olah raga teratur, istirahat cukup, manajemen stress yang baik, menjalankan perannya dg tanggung jawab, menjalankan kewajiban dan mendapatkan haknya, dsb...

Gangguan yang terjadi pada ketiga komponen sehat tsbt sering disebut psikososiosomatis illness. Tapi harus diakui bahwa ketiga komponen tersebut saling berhubungan. Misal, saat secara somatis seseorang didiagnosis menderita diabetes, otomatis ia jadi tidak mampu memenuhi peran sosialnya, menjadi tidak produktif, akibatnya gangguan ekonomi. Kesulitan ekonomi biasanya jadi penyebab utama kondisi stress, jiwanya jadi tertekan karena bnyk pikiran dan perasaan gagal menunaikan peran sosialnya.

Dan masih banyak contoh lainnya, bisa jg dimulai dari penyakit sosial menjadi penyakit psikis dan akhirnya bermanifestasi menjadi penyakit fisik.

Perlu diketahui, pembunuh no.1 di republik kita ini adalah penyakit jantung koroner, dan korbannya adalah masyarakat miskin yang stress karena ketidaksejahteraan hidupnya. Apa buktinya? Banyak ditemukan kasus "angin duduk", karena tidak paham dianggap masuk angin biasa, dikerok dan tiba-tiba sudah tak bernyawa. Itu adalah penyakit jantung koroner yang tak pernah disadari. Mereka hanya tau dia mati mendadak.

Entah mengapa, selang beberapa jam dari kuliah itu, ko saya jadi mengalami psikososialsomatis illness, berasa langsung melakukan studi eksperimental ni :p

28 september 2010
-bunga karang-

6 komentar:

  1. berarti pepatah 'mensana in corpore sano' sudah tidak berlaku lagi

    BalasHapus
  2. Dohh, aq kena psikososials0matis illnes neh,0batnya apa yak ;D

    BalasHapus
  3. masih relevan kayaknya bu dokter, tapi perlu sedikit penyempurnaan aja, hehe..., kan sebenernya teorinya sejalan, hanya disempurnakan aja :D

    BalasHapus
  4. obatnya ikhlas aja kayaknya ghumghum, hehehe..... :p

    BalasHapus
  5. hehehe..., ga jelas ya? ya udah ga usah dipikirin, nanti malah kena penyakit psikis lagi :p

    BalasHapus