Translate

Rabu, 03 Maret 2010

Izzah, Hamasah, dan Ghirah Islamiyah

Inilah tiga unsur yang menghiasi militansi tarbiyah dan dakwah pada tingkat individu. "Izzah", keyakinan dan kebanggaan akan fikrah Islam. "Hamasah", semangat menggelora untuk mengamalkan Islam dan menyerukannya kepada orang lain. Dan "ghirah", kecemburuan dan semangat pembelaan terhadap Islam yang diabaikan oleh umatnya sendiri.

Ketiga hal ini hanya mungkin terlahir dari air mata keimanan yang jernih, lautan pemahaman yang luas dan gelombang keikhlasan yang tak pernah surut.

Militansi individu semakin diperkokoh dengan semangat keterikatan (ruhul-irtibath) antar anggota dalam sebuah halaqah, semangat persaudaraan (ruhul-ukhuwah) yang terpancar dari cahaya wajah-wajah yang mudah saling mengenali, walaupun belum pernah berjumpa sebelumnya. Serta semangat kerjasama (ruhul amal-jama'i) untuk menopang berbagai tanggung jawab dan beban dakwah melalui semangat saling memberi dan berkorban (ruhul badl wat-tadhiyah). Semua ini menjadikan himpunan ikhwah sebagai bangunan yang kokoh dan saling menopang (al-bunyan al-marshush).

Firman Allah:
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur rapi, seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh." (Q.S.As-Shaf: 4)

8 komentar: